Minggu, 22 Agustus 2010

Pengenalan Web

Sekilas Mengenai Web
World Wide Web (WWW) atau biasa disebut dengan Web, merupakan salah satu sumber daya Internet yang berkembang pesat. Informasi Web didistribusikan melalui pendekatan hypertext, yang memungkinkan suatu text pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen yang lain. Dengan pendekatan hypertext ini seseorang dapat memperoleh informasi dengan meloncat dari suatu dokumen ke dokumen yang lain.

Aplikasi Web
Pada awalnya aplikasi web dibangun hanya dengan menggunakan bahasa yang disebut dengan HTML (HyperText Markup Language) dan protokol yang digunakan dinamakan HTTP (HyperText Transfer Protokol). Pada perkembangan berikutnya, sejumlah script dan object dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML.
Aplikasi Web sendiri dapat dibagi menjadi :
  • Web Statis
  • Web Dinamis
Web statis dibentuk dengan menggunakan HTML saja. Kekurangan aplikasi ini terletak pada keharusan memelihara program secara terus-menerus mengikuti perubahan yang terjadi. Kelemahan ini diatasi dengan model aplikasi Web dinamis. Pengertian web dinamis terkadang diartikan sebagai halaman yang dilengkapi dengan animasi gambar, selain dapat berinteraksi dengan basis data.

Prinsip kerja pengaksesan dokumen yang berbasis HTML adalah sebagai berikut :

1. Browser meminta sebuah halaman ke suatu situs Web melalui protokol HTTP
2. Permintaan diterima oleh Web server
3. Web server segera mengirimkan dokumen HTML yang diminta ke klien
4. Browser pada klien segera menampilkan dokumen yang diminta berdasarkan kode-kode pemformat yang terdapat pada dokumen HTML

Terdapat perangkat lunak yang biasa disebut dengan Middleware yang berfungsi menerjemahkan kode-kode tertentu, menjalankan kode-kode tersebut dan memungkinkaberinteraksi dengan basis data. PHP, ASP, dan Perl adalah beberapa contoh middleware.

Dengan pendekatan web dinamis ini dimungkinkanuntuk membentuk aplikasi berbasis web (Web-based application).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam...! ^^