Sabtu, 21 Agustus 2010

Seni Berteman

Assalamu'alaikum...salam sejahtera..

Mau tahu rahasianya supaya kamu bisa tersenyum terus dalam menjalani hari-harimu..?
Ternyata gampang lho...
  • Coba ingat ...!!!...
Kapan kamu merasa paling bahagia ? Kemungkinan besar jawabannya adalah saat kamu dikelilingi oleh sahabat-sahabat yang sayang sama kamu dan selalu mendukung kamu. Sahabat bisa diibaratkan seperti keluarga sendiri. Bedanya kita bisa memilih sahabat. Kalau keluarga memang sudah dari sananya. Maksudnya kelurga sayang dan peduli sama kita karena itu sudah menjadi kewajiban mereka. Sedangkan sahabat memilih untuk peduli sama kita karena keinginan mereka. Nah, itulah kenapa keberadaan sahabat sangat penting dalam kehidupan manusia. Bersyukurlah kamu jika sudah memiliki sahabat yang tulus, dapat dipercaya, dan sayang sama kamu apa adanya. Tetapi bukan berarti sekarang kamu bisa santai-santai saja. Menjaga dan membina suatu hubungan persahabatan perlu kerja kers juga lho..
  • Jaga Dia ...!!!...
Persahabatan adalah suatu hubungan dimana kamu bisa marah, menangis, atau tertawa dengan keras tanpa takut rasa sayang seorang teman jadi berkurang. Salah satu tanda dari sahabat sejati adalah dia seseorang yang sabar dan dapat bertenggang rasa. Kalau kamu termasuk perempuan yang selalu membesar-besarkan kesalahan sahabatmu atau menertawakan (saat dia potong rambut, misalnya), artinya kamu tidak bisa memberi rasa nyaman pada dirinya, sahabat yang baik seharusnyatidak merasa malu dengan kelakuan sahabatnya yang kadang ajaib, atau tertawa waktu dia bikin suatu kesalahan kecil. Sebagai sahabat kamu justru harus bisa membantu dia dengan memberi masukan positif. kalau suatu hari dia tanpa sengaja mengeluarkan pendapat atau kata-kata yang sedikit aneh, jangan pernah kamu meledeknya. Sebaliknya, kamu harus punya keberanian untuk menunjukan kesalahanya tapi juga punya taktikm yang jitu dalam penyampaian agar sahabatmu tidaksakit hati, merasa bodoh, atau malu.
  • Dengarkan Dia ...!!!...
Tanpa diminta, sahabat sejati tahu kapan ada disisi sahabatnya. Tidak semua orang bisa dengan terbuka mengutarakan isi hati atau kesedihan dalam dirinya. Sebagai orang terdekat, kamu harus punya "radar khusus" yang bisa mendeteksi kapan dia membutuhkanmu. Artinya kamu harus lebih sensitif. Dan jika kamu tahu sahabatmu sedeng sedih coba hibur dia nonton dibioskop atau sekedar ngobrol bareng dirumahnya. Apa saja dech. Keberadaan kamu itu sangat penting untuk dia disaat-saat kritis seperti itu.
  • Maafkan Dia ...!!!...
Bukan tidak mungkin suatu hari sahabatmu mengeluarkan kata-kata menyakitkan yang bikin kamu kesal dan marah sama dia. Ingat! jika kamu ingin orang lain bisa memaafkan kesalahanmu, kamu juga harus bisa melakukan hal yang sama. Tidak ada untung yang didapat dari kebencian dan rasa marah yang berlarut-larut. Tanya pada diri sendiri, "apakah persahabatanmu cukup berharga untuk diselamatkan?"! Jika iya, coba bicarakan persoalannya dengan dia dan usahakan untuk introspeksi diri masing-masing. Dengan memaafkan kamu sudah menunjukan bahwa kamu perempuan dewasa yang menghargai orang lain dan mengerti betul arti dari sebuah persahabatan.
  • Manjakan Dia ...!!!...
Kapan terakhir kalinya (selain pas dia ultah ya..!) kamu kasih liat bahwa kamu betul-betul sayang sama sahabatmu itu ? Untuk memanjakan sahabat tidak selalu perlu waktu yang khusus, lho... You can do anytime best friends, artinya teman yang terbaik diantara semua teman. So, bikin dia bahagia dengan memperlihatkan bahwa dia memang seseorang yang istimewa dalam hidupmu. Jika kamu memang kagum dengannya, beri dia pujian! Hargai dia seperti halnya kamu ingin dihargai juga! Jika kamu bisa melakukan hal ini dengan tulus, sebagai balasan kamu akan mendapat respect dari sahabatmu. Ingat! salah satu kunci dari kelanggengan suatu hubungan adalah saling menghormati dan menghargai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam...! ^^